Formula atau Rumus di Excel tidak bisa bekerja pada cell atau kolom lainnya
Formula atau Rumus di Excel tidak bisa bekerja pada cell atau kolom lainnya
Awal mula permasalahan :
Suatu hari adik saya mengerjakan tugas bersama teman-teman kuliahnya dirumah, mereka diberi tugas oleh dosen matakuliah statistik di kampusnya, dan tugas tersebut harus selesai dikerjakan deadline 1 jam.
Mereka diberi file dalam bentuk excel, dimana dalam file excel tersebut berisi data-data yang di export dari aplikasi statistik, mereka harus mencari hasil rata-rata penjumlahan anatara variabel 1 sampai 7. tugas ini sebenarnya mudah sekali dikerjakan, namun mereka pusing karena file tersebut tidak bisa menjalankan rumus otomatis ke cell atau kolom berikutnya. jadi rumus hanya bisa berfungsi dalam satu cell.
kenapa bisa begitu !!! pusing kan ?
Bayangkan ga bro ?? data-data statistik itu berjumlah ribuan dan mereka harus memasukan formula tersebut satu per satu, sedangkan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas itu hanya 1 jam. WTF kan ???
mereka sudah coba browsing kesana kemari, namun hasilnya tetap nihil alias zong, fungsi atau rumus tidak bisa di copy ke cell atau kolom lainnya.
dan karena saya pas baru pulang kerja, sampe rumah disamperin sama adik dan saya dimintain tolong ngebantu permasalahan mereka, sempat pusing sebenarnya. namun secara logika file excel tersebut bisa menjalankan rumus, namun rumus itu hanya bisa dipakai dalam satu cell atau kolom dan rumus itu tidak bisa dicopy.
berfikir selama beberapa menit, saya melihat kepanikan mereka karena waktu terus berjalan deadline harus dikejar. wkwkwkwk....
so....jadi masalahnya bukan karena file excel yang diberikan rusak atau error. namun file excel tersebut sudah diformat agar formula tidak bisa berjalan secara otomatis.
caranya sebenarnya sangat mudah, jika kalian menemukan kasus yang sama kalian tinggal setting pada file excel kalian.
berikut caranya ya :
pertama kalian buka dulu file excel yang tidak bisa menjalankan rumus secara otomatis, setelah itu kalian cari tab file - options - setelah itu akan muncul form excel options
kalian cari tab formulas - pada Workbook Calculation pilih Automatic
simpan dengan mengklik tombol OK
lihat urutan dari gambar berikut :
Bagaimana, mudah bukan ?
Sekian tutorial kali ini ya, semoga bermanfaat dan bisa membantu ketika menemukan kesulitan atau kasus yang sama seperti diatas.
Terimakasih
0 komentar:
Posting Komentar